Resep Cara Membuat Bakso Ayam Jos

Resep Cara Membuat Bakso Ayam Jos - Jika anda jenuh dengan bakso sapi, anda bisa mencoba resep membuat bakso ayam. Bahan-bahan yang dibutuhkan jauh lebih terjangkau, dan rasanya  juga tidak kalah. Saat saya berkunjung ke bali, waktu saya mencari hotel murah di bali, saya melihat beberapa penjual bakso yang menjajakan menu dari olahan daging ayam tersebut. Setelah saya coba, rasanya memang enak sekali.

Cara membuat bakso ayam tidak jauh berbeda dengan bakso sapi. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu barulah kelangkah selanjutnya untuk pengolahan bahan tersebut untuk dijadikan bakso ayam yang enak.

Resep Cara Membuat Bakso Ayam
Resep Cara Membuat Bakso Ayam

Bahan resep membuat bakso ayam

  • ½ kg daging ayam, agar rasanya lebih mantap, usahakan daging ayam tersebut berasal dari dada atau paha.
  • 125 ml air es.
  • Minyak ikan 1 sendok makan.
  • Tepung maizena sebanyak 2 sendok makan.
  • Garam secukupnya (1 hingga 3 sendok teh).
  • Gula pasir  ½ sendok makan.
  • Merica bubuk ½ sendok teh.
  • Kaldu ayam sachet ½ sendok teh (kaldu ayam berguna untuk memperkaya rasa bakso, namun jika tidak ada, tidak apa-apa).
  • ¼ baking soda.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat bakso ayam

  1. Cincang  ½ kg daging ayam, kemudian tambahkan sedikit demi sedikit air es, hingga daging ayam cincang tersebut menggumpal. Sisihkan dalam baskom atau mangkok.
  2. Tambahkan berbagai  bahan lainnya (mrica bubuk, kaldu  sachet, baking soda, garam, tepungmaizena, minyak ikan) ke dalam mangkok yang berisi daging ayam. Aduk hingga semua bahan merata. 
  3. Siapkkan baskom berisi air es. Banting adonan yang telah siap ke dalam baskom beberapa kali. Tujuannya agar bakso lembut dan kenyal. Setelah itu siapkan wadah dan masukan adonan ke dalam lemari es.
  4. Selama itu, siapkan air dalam panci. Panaskan hingga mendidih dan kecilkan api kompor. Keluarkan adonan daging dari kulkas, dan bentuk menjadi bola. Masukan ke dalam air rebusan hingga bakso mengambang. Untuk memastikan bakso ayam anda sudah matang, cobalah belah bakso tersebut. Jika bagian dalam tidak berwarna merah, maka bakso ayam sudah matang dan Tiriskan.
Itulah cara membuat bakso ayam dengan rasa jos banget, anda bisa mengolah kembali bakso yang telah anda buat. Misalnya saja dengan menggunakannya sebagai pelengkap dalam nasi goreng atau mie rebus.

Untuk anda yang ingin membuka bisnis kuliner, Resep Membuat Bakso Ayam ini juga bisa anda jadikan salah satu menu andalan ditempat anda berjualan nantinya. semoga artikel kami kali ini tidak kalah hebatnya dengan cara membuat mie ayam yang telah kami tulis sebelumnya.
Share on :
Resep Cara Membuat Bakso Ayam Jos
Resep Cara Membuat Bakso Ayam Jos
Reviewed by Unknown
Published :
Rating : 4.5

No comments:

Post a Comment